Sunday, January 10, 2010

69. Hati - Hati Memilih Ban Dalam

Hati - Hati Memilih Ban Dalam

Bagi pengendara motor, paling kesal kalau lagi dijalan tiba-tiba ban dalam motor kempes atau pecah, mau tidak mau harus mendorong motor ke tukang tambal ban. Untuk itu jangan sembarangan memilih ban dalam. Bisa bisa Anda merugi karena sebentar dipakai ban sudah mudah kempes.

Ternyata ada dua jenis ban dalam sepeda motor itu, yaitu :

1. NR (Natural Rubber)
2. Butyl

Apa bedanya?

Butyl bahannya dari senyawa polimer. Bahan ini punya kelebihan dalam penyimpanan angin. Butyl kehilangan 4% tekanan angin selama 12 hari pemakaian, sedangkan NR lebih dari 14%. Kalau untuk pemakaian 28 hari, butyl kehilangan cuma 9%, sedangkan NR 28%.
Ban dalam butyl bahannya lebih ringan 20% dibandingkan NR. Jadi kerja motor lebih ringan, tarikan lebih enteng, bensin lebih irit.
Penerimaan tekanan angin butyl lebih merata dibandingkan NR. Hal ini disebabkan bahan dasar natural ruber tidak bisa berubah/kaku. Jadi kalau ada bagian ban NR yang lebih tipis permukaannya, maka angin yang tersebar tidak merata, kalau butyl tetap merata. Kalau lagi apes bagian yang nggak merata ini kena paku, bisa-bisa langsung meledak, cukup berbahaya bukan ? Kalau butyl tidak akan meledak, karena anginnya keluar perlahan, disebabkan merata pembagian tekanan anginnya.

Cara memilih ban dalam butyl : lihat garis pada sisi ban, standard internasionalnya ban butyl bergaris biru, kalau selain warna biru berarti NR. Mudah bukan ?

No comments: