Sunday, January 10, 2010

62. Tips Mudah Mengatasi Ban Bocor

Tips Mudah Mengatasi Ban Bocor

Ketika dalam perjalanan sering kali motor tiba-tiba mendadak berhenti dikarenakan
ban motor kita bocor tertusuk paku dan semacamnya. Setiap pengendara motor pasti pernah mengalami hal ini. Tentu saja ini bukan pengalaman yang menyenangkan. Tetapi jangan memaksakan mengendarai motor dalam keadaan ban kempes, karena dapat merobek ban dalam dan ban luar, serta dapat merusak velg yang mahal. Berikut ini tips yang dapat kita praktekkan ketika ban motor mengalami kebocoran.

*Tetap tenang, segera cari tempat yang aman untuk berhenti di pinggir jalan.

*Periksalah apakah pentil ban mengalami kebocoran. Untuk memeriksanya lepaskanlah tutup pentil dan taruhlah air sabun di atas lubang pentil. Bila air sabun membentuk gelembung udara, bisa dipastikan pentil tersebut bocor. Bila bocor keraskanlah pentil tersebut dengan memakai alat pengencang pentil yang ada di tutup pentil. Tetapi bila masih bocor, pentil tersebut rusak dan harus diganti dengan yang baru. Periksalah apakah ban terkena paku atau benda-benda tajam lainnya.

*Pompa sampai penuh lalu putar perlahan sambil disirami air. Setelah tampak
gelembung udara pertanda bocornya, tandai daerah bocor.

*Cucilah hingga bersih daerah bocor itu lalu dilap dengan lap kering. Setelah kering tetesi dengan sejenis lem power (power glue) sehingga lem meresap ke dalam lubang.

*Bantulah dengan menusuk-nusukkan benda lancip seperti paku yang bersih ke lubang agar lem lebih lancar masuk. Lalu tunggu kering selama beberapa menit. Setelah mengering ban dipompa kembali. Dengan menambal menggunakan lem ini membuat kondisi ban tetap utuh, seolah-olah ban tidak pernah mangalami bocor. Tidak merusak jaringan karet, benang dan kawat ban.

No comments: